PANCASILA

-->

Garuda Pancasila
Pencipta : Sudharnoto

Garuda pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju

---0---

Masih ingatkah dengan nama-nama yang melegenda ini? Letnan Jenderal A. Yani, Mayjen R. Suprapto, Mayjen Haryono, Mayjen S. parman, Brigjen D.I. Panjaitan, Brigjen Sutoyo, Letnan Satu Pire Andreas Tendean, dan Brigadir Polisi Karel Susult Tubun. Masih ingatkah juga dengan Jenderal A.H. Nasution dan putrinya Ade Irma Suryani ?
Sebatas engkau pernah mempelajarinya selama sekolahkah? Ya tentu nama-nama itu muncul dalam biku sejarahmu. Bahkan sejak engkau masih duduk di Sekolah Dasar. Mungkin saja pernah engkau menyilang salah satu nama itu dalam ulangan harian atau ulangan semester saat engkau masih sekolah. Tapi apakah hanya sebatas itu?
Sudahkah engkau membaca sejarah? Tentang perjalanan mereka yang sampai hari ini masih dikenang oleh dunia. Nama itu masih ada dalam lembaran-lembaran yang masih dipelajari di bangku sekolah. Masih dihafalkan untuk ulangan harian. Banyak anak-anak yang mengenalnya sebagai sosok pahlawan.
Pahlawan. Masih ingatkah engkau dengan peristiwa itu? Peristiwa hebat yang terjadi di bulan September dan Oktober. Hingga nama-nama mereka tercatat dalam sejarah.
---0---
]
PANCASILA

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan / Perwakilan. 
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Ikrar ini, apakah juga hanya sekedar ikrar yang kita tirukan saat upacara bendera? Ikrar yang sudah kita hafal bahkan sejak zaman kanak-kanak. Kini masihkah engkau mengucapkannya dengan lantang? Apakah hanya menyerukannya dengan suaramu yang gagah dan menggelegar?
Pancasila dasar negara, Rakyat adil makmur sentosa.  Apakah hanya sekedar kita nyanyikan? Sering sekali kita menyanyikan lagu itu. Masih ingat saat SD, itulah salah satu lagu wajib yang harus kita hafalkan.
Indonesiaku. Rakyat Adil Makmur Sentosa.
Hidup rakyat Indonesia.
Sadarlah wahai pemuda. Nasib Bangsa ini ada dalam genggamanmu. Mau seperti apa Bangsa ini tergantung bagaimana tangan-tangan terampilmu menjaganya, melindunginya dan memperbaikinya.

---0---
28 September 2012
Ary Pelangi
Kota Negeri Khayalan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paket Cinta // Suami Istri Lyfe

Menghilang di Batas Rasa

Menikah Denganmu // Suami Istri Lyfe